Pola Asuh Anak Usia Dini

Metode Pengasuhan Anak Perlu Dipahami Orangtua Sejakdini


http://www.lampost.co/mobile/berita-orang-tua-perlu-paham-metode-pengasuhan#modal-id





KOTABUMI (Lampost.co) -- Pola pendidikan anak usia dini harus memenuhi lima unsur wajib sempurna hak dasar anak usia dini yang perlu dipahami para orang tua. Anggota Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Provinsi Lampung, Joko Sutrisno, mengatakan hal itu diperlukan untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang pandai, cerdas, dan pintar sehingga dapat diandalkan menggantikan para pemimpin bangsa pada masa yang akan datang.
"Kelima unsur tersebut ialah semangat dan keinginan anak, mental, emosi, dan terakhir adalah IQ (intelligence quotient). Kelima unsur tersebut tidak boleh dikesampingkan dan ditawar-tawar lagi. Bila tidak, akan memberikan hasil yang kurang maksimal," kata Joko yang menjadi pemateri dalam kegiatan pendidikan pola asuh PAUD se-Kecamatan Abungsemuli, di Desa Semulijaya, Rabu (13/9/2017).
Menurut Joko, pola pendidikan dini dengan unsur lima wajib sempurna hak dasar anak tersebut harus dapat diterapkan melalui enam metode. "Yaitu dengan menentukan mimpi, diperjelas mimpinya, menguji mimpi tersebut, dan menentukan alat yang dipakai. Serta fokus pada tujuan awal," ujarnya.
Joko menjelaskan melalui pola pendidikan yang sesuai dalam masing-masing keluarga, dipastikan dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang mumpuni.
Pola pendidikan dini yang diterapkan baru dapat dilihat hasilnya dalam jangka 10—15 tahun ke depan. Setelah itu, baru dapat ditentukan tolok ukurnya untuk mengetahui kelemahan-kelemahan terhadap pola yang telah diterapkan orang tua dalam keluarga tersebut.
"Orang tua harus memperhatikan lima unsur wajib sempurna hak dasar anak usia dini ini. Tidak boleh ada yang tertinggal satu pun. Sebab, bila itu terjadi akan mengurangi esensinya yang timbul kemudian," kata dia.
Sementara menurut Bunda PAUD Lampura Endah Kartika Praawati Agung, melalui penerapan metode pendidikan dini yang terarah di masing-masing keluarga akan memberikan dampak positif dalam tumbuh kembang setiap anak usia dini. Sehingga cita-cita pemimpin bangsa dalam mewujudkan generasi emas pada masa yang akan datang dapat lebih maksimal hasilnya.
"Tujuan utamanya adalah menyambungkan antara pola pendidikan yang diberikan kepada anak di jenjang sekolah formal dan di lingkungan keluarga. Sebab, waktu anak yang paling banyak adalah di keluarga. Kalau keduanya terhubung, hasil ke depannya yang dapat dipetik dapat lebih baik lagi," ujarnya.
Endah menambahkan kegiatan pendidikan pola asuh kepada orang tua dan guru-guru PAUD tersebut merupakan yang pertama dilaksanakan di kecamatan di Lampung Utara. Melihat antusiasme para orang tua mengikuti acara dan dampak positifnya, dirinya mengatakan akan mengadakan kegiatan serupa secara rutin acara di seluruh kecamatan di Lampung Utara.
"Rencana kami akan digilir sampai seluruh kecamatan yang ada di kabupaten tercinta ini melaksanakannya semua," kata dia.

https://goo.gl/tNe3v8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tokoh Pemuda Ingatkan Organisasi

Maknai HUT RI, Tokoh Pemuda Abung Selatan Ingatkan Pentingnya Berorganisasi Siwanto, tokoh pemuda Abung Selatan Ingatkan Pemuda berorg...